Perbedaan Kertas Samson dan Kraft

 Apa Sih Perbedaan dan Kesamaan Kertas Samson dan Kertas Kraft


Kertas kraft dan samson merupakan kertas hasil dari proses chemical plup (proses kimia) yang disebut dengan proses kraft. Proses ini adalah pembuatan pulp atau bubur kertas dengan proses kimia. Artinya kertas yang sering digunakan sebagai kemasan produk merupakan bubur (pulp) yang diolah sehingga menjadi bentuk kertas. Pulp kertas yang dihasilkan bisa melalui proses pemutihan (bleaching) sehingga menghasilkan warna pada kertas, dan jika tidak melalui proses bleaching maka hasil kertasnya akan berwarna coklat. 

Karena plup yang dihasilkan dari proses kraft ini memiliki elastisitas dan daya tahan terhadap sobakan yang tinggi, maka kertas ini juga sering dikenal sebagai kertas yang kuat dan tahan lama. Sehingga banyak digunakan sebagai: 

  • Kertas Bungkus (wrapping): seperti lapisan pada kardus, bungkus kertas plano, dsb.
  • Kertas Kantong (bag) : seperti, paper bag, kantong belanbja, dsb.
  • Kertas Karung (Sack) : seperti, sak semen, kantong arang, dsb. 

Kertas samson dan kertas kraft sejatinya merupakan kertas dari hasil proses daur ulang melalui proses kimia, yang membedakan adalah pada tekstur dan juga gramasi atau ketebalan kertas itu sendiri. Untuk kertas samson memiliki tekstur licin pada kedua sisi, dengan warna coklat atau coklat tua. Kertas samson memili gramasi yang bervariasi, namun yang umum beredar, yaitu gramasi 70 dan 80 gsm. Kertas ini biasa digunakan sebagai sampul buku, bungkus kado, hang tag, amplop, undangan, dsb. 



Sedangkan kertas kraft, ada dua jenis warna yaitu, kraft putih dan kraft coklat. Untuk kertas jenis kraft ini memiliki tekstur yang kasar pada kedua sisi, dengan warna coklat muda pada sisi satunya. Bila kraft putih pada sisi luar berwarna putih dan pada sisi lainya berwarna coklat muda. Untuk kraft coklat pada sisi luar berwarna coklat hingga coklat tua, sedangkan pada sisi lainya berwarna coklat muda. Kertas kraft ini, umumnya digunakan sebagai bahan baku pembuatan undangan, lapisan pada kardus, paper bag, shopping bag, lunch box, dan kemasan lainnya. 

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Kertas Samson dan Kraft"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel