Pengertian dan Fungsi Kemasan

Yuk, Pahami Pengertian dan Fungsi Kemasan Suatu Produk

Kemasan merupakan bagian paling luar yang melindungi atau membungkus suatu produk. Adapun tujuannya, yaitu untuk melindungi produk dari benturan dan goncangan terhadap benda lain, serta dari efek cuaca. Setiap bentuk atau media yang melindungi dan membungkus suatu produk atau benda disebut dengan kemasan.

Kemasan yang merupakan bagian terluar dari sebuah produk akan menampilkan gambaran atau pandangan terhadap suatu produk yang ada di dalamnya, karenanya kemasan dibentuk dan didesain sedemikian rupa, sehingga pesan yang ditawarkan oleh produk tersebut tersampaikan dengan baik kepada konsumen. Ini merupakan salah satu dari beragamnya fungsi kemasan. 

Fungsi Kemasan 

Simamora (2007) mengemukakan pengemasan mempunyai dua fungsi yaitu:

  • Fungsi Perlindungan (Protektif) 

Tentu dengan adanya kemasan, produk yang ada di dalamnya dapat terjaga atau mampu meminimalisir kerusakan suatu produk. Hal ini tentu terkait dengan proses perlindungan terhadap perbedaan iklim, perlindungan dalam kegiatan pendistribusian, dan sebagainya. 

  • Fungsi Promosional 

Kemasan tentu tidak hanya sebagai pelindung suatu produk saja, namun juga memiliki nilai promosi yang tinggi, serta mampu menjadi media komunikasi yang baik terhadap konsumen. 


Belum ada Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Kemasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel